Kamis, 22 November 2018

RPP KELAS 9



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    SEKOLAH                 : SMPN 3 SATAP BOROBUDUR

                                    MATA PELAJARAN : IPA (FISIKA)

                                    KELAS/SEMESTER : IX/GASAL


STANDAR KOMPETENSI :

3 Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


KOMPETENSI DASAR :

3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari



INDIKATOR :

  • Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
  • Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
  • Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
  • Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik


ALOKASI WAKTU : 15 x 40 menit ( 9 pert.)

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Melalui diskusi informasi tentang listrik statis, peserta didik dapat menjelaskan pengertian listrik statis.
  2. Dengan demonstrasi menggunakan penggaris plastik dan kertas, peserta didik dapat menjelaskan bahwa benda dapat dimuati listrik.
  3. Melalui diskusi informasi tentang muatan listrik, peserta didik dapat menjelaskan jenis muatan listrik positif dan negatif.
  4. Melalui diskusi informasi tentang muatan listrik peserta didik dapat menjelaskan cara memberi muatan listrik ke benda
  5. Dengan peragaan gambar elektroskop, peserta didik dapat menjelaskan pengertian induksi.
  6. Melalui diskusi informasi tentang induksi listrik, peserta didik dapat menjelaskan bahwa benda terinduksi memiliki muatan berlawanan dengan benda penginduksi
  7. Dengan percobaan sederhana menggunakan penggaris plastik, kaca, kain wool dan sutera, peserta didik dapat menjelaskan adanya gaya tolak menolak dan tarik menarik pada benda bermuatan listrik.
  8.  Melalui diskusi informasi tentang benda bermuatan listrik, peserta didik dapat menjelaskan pengertian medan listrik.
  9. Peserta didik dapat melakukan prcobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
  10. Melalui diskusi informasi, peserta didik dapat menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

0 komentar:

Posting Komentar

Saran, kritik dan pertanyaan harap disampaikan secara beretika.Terima Kasih.