PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMPN 3 Satap
Borobudur
Kelas / Semester : VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
No
|
Kompetensi Inti
|
1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3
|
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
4
|
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
1
|
A. Gerak
Benda dan makhluk hidup dilingkungan sekitar
|
|
3.1
Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem
gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak.
4.1
Membuat tulisan tentang berbagai
gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak
manusia
|
23 JP
|
|
3.2
Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap
gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak
makhluk hidup
4.2
Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh
gaya terhadap gerak benda
|
||
B.
Usaha dan Pesawat Sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
||
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta hubungannya dengan kerja otot
pada struktur rangka manusia
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan atau
penyelesaian masalah tentang manfaat
penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
10 JP
|
|
C.
Struktur dan Fungsi Tumbuhan
|
||
3.4
Menganalisis keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur
tumbuhan
4.4
Mengomunikasi-kan teknologi yang
terinspirasi oleh hasil pengamatan struktur tumbuhan dari berbagai sumber
|
10 JP
|
|
D.
Sistem Pencernaan pada manusia
|
||
3.5
Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan
memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya
menjaga kesehatan sistem pencernaan
4.5
Menyajikan hasil penyelidikan tentang
pencernaan mekanis dan kimiawi
|
15 JP
|
|
E. Zat
Aditif dan Zat Adiktif
|
||
3.6 Menjelaskan
berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya
terhadap kesehatan
4.6
Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan
zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
10 JP
|
|
F.
Sistem Peredaran Darah Manusia
|
||
3.7 Menganalisis
sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
4.7
Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi)
dengan frekuensi denyut jantung.
|
10 JP
|
0 komentar:
Posting Komentar
Saran, kritik dan pertanyaan harap disampaikan secara beretika.Terima Kasih.